Panduan Tips Menghindari Pembengkakan Jantung

Penyakit jantung Ventrikel Ekstra Sistol ( VES ) adalah salah satu gejala aritmia yang terjadi di ventrikel. Aritmia ialah masalah pada denyut jantung saat organ itu berdetak terlampau cepat, terlampau lambat, atau secara general tidak teratur. Beberapa penyebab timbulnya hal ini ialah Konsumsi kafein atau mengisap rokok yang berlebihan. Kafein dan nikotin mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat dari normal dan berkontribusi terjadinya aritmia.Penyebab lainnya contohnya kadar elektrolit dalam darah yang tidak sebanding gangguan kelenjar tiroid, terlampau aktif (hipertiroid) ataupun tidak cukup aktif, hipertensi, penyakit jantung koroner, diabetes, dan gangguan pada jantung.

Panduan Tips Menghindari Pembengkakan JantungPenyakit jantung ves bisa diketahui dengan membaca EKG. EKG akan memberikan gambaran bagaimana denyut jantung seseorang bekerja selama beberapa detik atau menit. EKG memiliki lima format Ekstrasistol Ventrikel (VES) yang berbahaya, antara lain:
1. VES yang terjadi sekitar atau lebih dari 6 kali dalam satu menit
2. VES Multifokal: VES yang memiliki format beragam dalam deretan yang sama. Ini menunjukan ada sejumlah sumber impuls yang bertolak belakang pada Ventrikel.
3. VES Bigemini: VES yang mana disetiap satu deret denyut jantung normal dibuntuti satu VES
4. VES Consecutif: VES yang hadir secara beruntun.
5. VES R on T: yakni VES yang hadir persis di gelombang T.

Setiap orang yang pernah mengalami hal ini disarankan untuk bertemu dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan serangkaian pengecekan dan penanganan kepada setiap orang seperti pemeriksaan langsung, pengecekan riwayat atau rekam jejak medis, dan tes medis penunjang misalnya Ekokardiogram, EKG, monitor holter, tes darah, dan lain sebagainya. Hal yang bisa dilakukan oleh orang untuk mencegah penyakit-penyakit seperti ini adalah terapkan pola hidup sehat, seperti:

1. Cukupi asupan air putih
2. Istirahat cukup
3. Konsumsi makanan bernutrisi
4. Batasi konsumsi minuman berkafein
5. Olahraga teratur ringan, seperti yoga, jogging, dan aerobik
6. Pengelolaan stres untuk mencegah tekanan darah tinggi
7. Hindari mengisap rokok dan minum alkohol